Proses Menulis: Satu Ukuran Tidak Sesuai Semua


Artikel ini dipersembahkan oleh PutraRental.com
Mengembangkan proses penulisan individual merupakan bagian kunci untuk menjadi penulis sejati. Jika Anda ingin belajar dan berkembang sebagai penulis maka Anda harus bekerja untuk mengembangkan proses penulisan yang unik. Jika Anda ingin menjadi penulis yang lebih produktif dan agar pekerjaan Anda meningkat maka Anda harus mengembangkan proses penulisan yang unik.

Sementara sebagian besar proses menulis mengandung unsur dasar yang sama, setiap proses penulisan individual sama individualnya dengan penulis yang disajikannya. Setiap proses penulisan berisi langkah-langkah berikut: brainstorming, pengorganisasian, penulisan, revisi dan pengeditan. Beberapa orang menyingkat hal-hal penting menjadi hanya tiga bagian: brainstorming dan organisasi sebagai satu, tulisan, dan kemudian merevisi dan mengedit sebagai langkah terakhir. Meskipun Anda mungkin berakhir dengan beberapa variasi proses penulisan yang mendekati yang terakhir, saya pikir saat pertama kali mengindividualisasikan proses penulisan Anda, Anda harus memulai dengan lima langkah yang berbeda.

Bagaimana Anda mulai mengembangkan proses penulisan unik Anda sendiri? Anda harus menulis - banyak - dan Anda harus bereksperimen dengan berbagai metode dan gaya yang berbeda dan variasi yang berbeda dalam masing-masing dari lima langkah. Bahkan jika Anda menemukan "gagasan" dari satu percobaan menjadi tidak nyaman atau sulit, maka Anda tetap harus mencobanya karena itu adalah kunci untuk membuka gaya sukses Anda sendiri.

Hal ini sangat penting ketika sampai pada langkah pertama dalam proses - menghasilkan gagasan. Bereksperimenlah dengan semua variasi brainstorming yang Anda dengar dari penulisan bebas, pengelompokan, tanya jawab, daftar dan penjurnalan serta banyak pilihan lain di luar sana.

Setelah Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan brainstorming, penting untuk mulai memasukkan gagasan itu ke dalam beberapa kemiripan organisasi. Terkadang Anda perlu melakukan ini di atas kertas dan terkadang hal itu bisa dilakukan di kepala Anda. Anda mungkin bisa melakukan beberapa organisasi kasar dengan panah, angka atau highlight atau mungkin Anda mungkin perlu menggunakan kartu catatan atau program komputer. Sekali lagi, eksperimen adalah kunci untuk menemukan metode yang paling sesuai untuk Anda.

Bagian penulisan sebenarnya dari proses penulisan Anda harus yang paling mudah dan paling tidak menyakitkan. Ingat, Anda akan mengurus revisi dan pengeditan nanti sehingga Anda hanya perlu khawatir untuk mengisi penjatahan halaman Anda yang dibutuhkan. Jangan memperlambat proses kreatif Anda dengan mengedit diri saat Anda menulis. Biarkan saja mengalir dan selesaikan nanti.

Beberapa penulis menggabungkan revisi dan pengeditan namun saya ingin memisahkan langkah-langkah ini. Dalam pikiran saya, revisi adalah mengangkat berat di mana Anda terus menulis dan menulis ulang serta memperbaiki dan mengatur ulang. Sebagian besar tulisan saya melibatkan beberapa konsep dalam tahap revisi.

Saya pribadi mempertimbangkan untuk mengedit untuk menangani rincian yang bagus dan mudah dipahami seperti ejaan, tata bahasa, dan tanda baca. Hal ini mungkin sampai batas tertentu melibatkan pilihan kata tapi biasanya rincian tersebut ditangani selama revisi. Jangan lupa untuk membaca karya Anda dengan keras pada saat ini untuk menangkap kalimat canggung dan struktur paragraf.

Dan begitulah cara Anda bisa mengembangkan proses menulis pribadi Anda sendiri. Jangan lupa: Mengembangkan proses penulisan individual adalah kunci perkembangan dan kesuksesan Anda sebagai penulis.

0 Response to "Proses Menulis: Satu Ukuran Tidak Sesuai Semua"

Posting Komentar

wdcfawqafwef