Teknik Menulis Hebat: Siklus Hidup Pengguna Produk - Alat Dokumentasi


Artikel ini dipersembahkan oleh PutraRental.com
User-Product Life Cycle (U-PLC) adalah alat yang ampuh untuk penulis Dokumen Pengguna. Gunakan U-PLC untuk menghasilkan topik tingkat tinggi untuk Dokumen Pengguna Anda.

SIKLUS HIDUP PRODUK USER (U-PLC)

Biasanya, ketika kita memikirkan Siklus Hidup Produk, kita berpikir dalam hal pengembangan dan produksi Produk itu sendiri. Saat menulis User Documentation, pertimbangkan U-PLC untuk membantu Anda menghasilkan semua topik yang diperlukan untuk dokumen yang lengkap. Dokumentasi Pengguna harus mendukung Pengguna Anda dalam semua interaksi mereka dengan produk.

Siklus Hidup Pengguna-Produk mengacu pada serangkaian interaksi antara Pengguna dan Produk itu sendiri. Ini lebih dari sekadar "bagaimana cara menggunakan produk". Seperti yang akan Anda lihat di bawah, "Use the Product" hanya satu tahap di U-PLC.

TAHAP U-PLC

Berikut adalah tahapan IN U-PLC (dengan asumsi Pengguna memperoleh Produk):

- U-P LC Tahap: Transportasi Produk ke lokasi kerjanya

- Tahap LC U-P: Keluarkan Produk

Transportasi dan pembongkaran produk tercantum di sini hanya untuk kelengkapan. Ini saat ini ditampilkan pada kemasan itu sendiri, biasanya dalam bentuk bergambar, dan melakukan pekerjaan dengan baik.

- U-P LC Stage: Keseluruhan pengetahuan tentang Produk.

Ini adalah informasi yang disampaikan kepada Pengguna di awal Dokumen Pengguna.

Topik di sini termasuk keamanan, hukum, dan penafian yang terkait dengan produk.

Uraian produk harus menunjukkan bagaimana produk dapat mengubah cara Pengguna melakukan hal-hal. Misalnya, perekam suara analog akan meminta Pengguna untuk mendengarkan semua barang yang tersimpan untuk menemukan yang tertentu; Perekam suara digital akan memungkinkan Pengguna untuk cepat melompat dari satu pesan ke pesan lainnya.

- U-P LC Stage: Mengatur atau Memasang Produk

* Lingkungan

Penting bagi penulis untuk memikirkan berbagai lingkungan di mana produk akan ada. Misalnya, bagaimana seharusnya program komputer dipasang di lingkungan Windows, Mac, atau Linux?

"Lingkungan" mencakup hal-hal lain yang harus dipenuhi oleh produk. Misalnya, bagaimana seharusnya DVD player dipasang di sistem yang saat ini terdiri dari TV dan VCR? Bagaimana pemasangan ke sistem TV & VCR dimana TV hanya memiliki satu masukan video?

* Kemampuan Pengguna.

Kemampuan yang dibutuhkan Pengguna untuk menyiapkan produk juga penting. Karena asumsi yang terkait dengan Pengguna untuk pengaturan mungkin berbeda dari asumsi tentang Pengguna dalam menggunakan produk, penulis bijak akan mempresentasikan keterampilan (dan mungkin peraturan) yang diperlukan untuk menyiapkan produk. Bagian yang berjudul "Bisakah Anda Mengatur Produk Ini?" akan memungkinkan Pengguna untuk membuat keputusan tentang apakah akan mengatur produk itu sendiri, atau mencari bantuan dari luar.

Misalnya, misalkan produk lampu dimmer listrik yang dimaksudkan untuk mengganti lampu di rumah Pengguna. Menggunakan produk hanya memerlukan penyesuaian kontrol tunggal dimmer untuk mengatur tingkat cahaya yang diinginkan. Menginstal produk memerlukan pengalaman dengan kabel listrik rumah - apakah Pengguna memiliki kemampuan ini?

Terkadang, pembatasan itu mungkin legal. Di beberapa wilayah hukum - Quebec, Kanada, misalnya - hanya teknisi listrik yang memenuhi syarat yang diizinkan untuk memasang atau memodifikasi sirkuit listrik di rumah. Jadi di Quebec, Pengguna umum dimmer tidak dapat (secara sah) memasang lampu redup.

- U-P LC Stage: Gunakan Produk

Komponen ini adalah fokus dari kebanyakan User Documentation. Ini harus berisi setidaknya tiga sub topik berikut:

- Memulai produk

- Penggunaan aktual produk

Untuk sebagian besar produk "Penggunaan Aktual" adalah fokus utama Dokumen Pengguna.

Idealnya, ini harus dibagi menjadi fungsi produk dasar atau umum, dan fungsi lanjutan. Contoh yang bagus adalah software photo-editing. Sebagian besar pengguna ingin memotong, memutar, dan menyesuaikan kecerahan dan kontras gambar. Ini adalah fungsi dasar. Fungsi yang lebih maju mungkin menggabungkan bagian-bagian dari satu gambar dengan gambar lainnya.

- Mematikan produk

Apakah ada perawatan yang harus dilakukan saat dimatikan? Cantumkan di sini dan di bagian "Maintain".

- Tahap LC U-P: Menjaga Produk

Pertimbangkan untuk memecahkannya dalam periode waktu, seperti: setelah setiap penggunaan, mingguan, bulanan, tahunan, jika berlaku.

- Tahap LC U-P: Pindahkan Produk

Untuk program perangkat lunak komputer, bagaimana Pengguna harus memindahkan program dan datanya ke komputer lain; pengguna komputer sering mengupgrade perangkat keras komputer mereka. Meskipun sering diasumsikan bahwa Pengguna harus memasang ulang produk di komputer baru, selalu ada pertanyaan tentang cara memindahkan data yang berkaitan dengan produk: di mana letaknya, dan bagaimana cara memindahkannya ke program yang baru diinstal. bisa mengenalinya di komputer baru?

Untuk produk fisik, apakah ada pertimbangan khusus untuk memindahkan Produk ke lokasi lain?

- Tahap LC U-P: Buang Produk atau Produk Sampingannya

Disini saya ingin menyebutkan hanya menjual produk bekas. Mungkin lebih bijaksana untuk menyebutkan bahwa dengan mematuhi Panduan Pengguna, penjual mungkin merasa lebih mudah menjual, dan mungkin mendapatkan harga lebih tinggi, untuk produk yang digunakan.

MENGGUNAKAN U-PLC DALAM PENULISAN ANDA

Saat Anda membuat topik untuk Dokumen Pengguna Anda, pastikan bahwa Anda menyimpan U-PLC dalam pikiran. Pastikan Anda menyertakan topik dalam Garis Besar Dokumen Pengguna untuk membantu Pengguna Anda dalam semua fase U-PLC.

Dokumen Pengguna Hebat dapat membantu bagian UP-LC yang tidak saya sajikan di sini: akuisisi produk. Bagian pemasaran Anda mungkin bisa menggunakan Dokumen Pengguna BESAR Anda sebagai bagian dari kampanye pemasarannya.

0 Response to "Teknik Menulis Hebat: Siklus Hidup Pengguna Produk - Alat Dokumentasi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef