Mengkritik Syair Bukan Penyair

Tindakan menulis puisi adalah sesuatu yang sangat pribadi bagi kita penyair dan berbagi untuk pertama kalinya bisa menjadi pengalaman yang sangat menakutkan. Pengalaman pertama yang membuat pekerjaan Anda dikritik bisa mengejutkan pikiran kita dan membuat kita kembali selangkah dalam tulisan kita. Namun kritik sangat penting dalam karir penulis manapun. Baca juga artikel tentang Kreativitas dan Inspirasi.

Menerima kritik adalah sesuatu yang harus kita hadapi meski kita tidak menyukainya. Ketika saya menerima kritik keras pertama saya, ada di bengkel ezboard dan saat itu saya ingin berhenti menulis. Mereka sombong dan menurut saya sangat berarti. Itu adalah pengalaman yang paling menyakitkan.

Menjalankan komunitas menulis online selama dua tahun terakhir saya telah bertemu dengan beberapa orang yang sombong dan jahat seperti yang ada di Ezboard. Saya berpikir bahwa beberapa penyair ini telah pergi ke bengkel dan telah mendapat kritik dalam masalah ini, jadi sekarang mereka pikir ini adalah bagaimana orang mengkritik. Salah!

Bagaimana memberi kritik:

Ulasan singkat seperti puisi bagus, saya suka ini, dan mengagumkan tidak berguna bagi penyair manapun. Saat memberi kritik ingat bahwa penyair mencari kritik mendalam. Sebagai penulis kami mengupayakan umpan balik dan kami tumbuh sebagai penulis dengan mendapatkan komentar positif dan negatif pada pekerjaan kami. Pada setiap saat menjaga mereka hormat. Anda tidak perlu melakukan pendekatan tinjauan panjang yang kritis saat mengomentari puisi orang lain. Anda mungkin hanya ingin mengomentari cara puisi tersebut menyerang Anda, apa yang Anda sukai dari sebuah puisi, atau apa yang membuat Anda membuang puisi.

Mungkin Anda bisa mengutip bagian dari puisi itu dan mengapa Anda menyukai ayat itu. Anda tidak perlu menulis buku; Hanya beberapa komentar yang benar-benar bisa membantu seseorang mengetahui apa yang berhasil dan mana yang tidak. Ingatlah untuk bersikap bijaksana dan tidak pernah menghiraukan penulisnya. Penyair adalah jiwa yang sensitif dan mereka membawa puisi mereka ke dalam hati. Ada cara yang salah dan cara yang benar untuk mengatakan segalanya. Anda dapat menawarkan kritik konstruktif di mana penyair akan belajar darinya tanpa bersikap tidak sopan dan tidak pernah mengejek rekan penyair Anda.

Inilah contohnya: Anda baru saja membaca sebuah puisi dan semua bisa Anda temukan adalah alasan mengapa puisi yang baru saja Anda baca menyebalkan. Mungkin mereka memiliki sejumlah ejaan, kesalahan tata bahasa dan lari dalam kalimat. Alih-alih hanya mengomentari bagian buruk puisi itu, mulailah dengan menunjukkan poin yang bagus.

Misalnya Anda bisa mengatakan bahwa saya pikir Anda telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus dalam mengekspresikan emosi Anda. Saya percaya bahwa puisi Anda bisa menggunakan beberapa pekerjaan pada struktur untuk membuatnya lengkap. Saya melihat beberapa kesalahan ejaan dan tata bahasa. Saya benar-benar berpikir ini adalah usaha yang bagus dan jika Anda mencari kritik yang lebih dalam, saya akan senang bekerja sama dengan Anda untuk mengencangkan puisi itu.

Bagaimana tidak memberikan kritik.
Jangan pernah kritik penulis, kritik puisi itu. Jangan pernah mengubah puisi itu dan memasukkannya ke dalam kata-kata Anda sendiri. Bila Anda melakukan ini, hal itu tidak lagi menjadi pemikiran penyair. Jangan pernah berpikir bahwa Anda adalah seorang ahli di bidang Anda. Semua penyair memiliki ruang untuk perbaikan. Jangan pernah melihat penyair lain sebagai kegagalan, ingatlah sama seperti film tidak setiap puisi akan menarik bagi Anda.

Jangan tunjukkan setiap baris dalam puisi yang perlu dikerjakan. Anda harus menyimpannya untuk kritik yang lebih mendalam jika penyair menginginkannya. Jangan datang sebagai kritik arogan yang bukan cara untuk membantu orang atau memenangkan teman dalam bisnis penulisan.

Kritik penting bagi semua penyair. Namun jika Anda merasa bahwa Anda adalah seorang ahli puisi yang tidak memiliki ruang untuk perbaikan diri sendiri daripada mungkin Anda harus menjauh dari kelompok kritik dan hanya melihat tulisan Anda sendiri karena Anda benar-benar tidak membantu siapa pun.

0 Response to "Mengkritik Syair Bukan Penyair"

Posting Komentar

wdcfawqafwef